RENCANA BISNIS (BUSINESS PLAN)
“ALAHAN SEGAR”
SUPPLIER SAYUR-SAYURAN MURAH DAN BERKUALITAS
Oleh
ADE SAPITRA (0810851009)
MARLIZA RAHMA YULI (0810731007)
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS ANDALAS
2011
LEMBAR PERSETUJUAN
Diketahui
Ketua Jurusan Sastra Inggris
Fakultas Sastra
EVA NAJMA, M.Hum
NIP …………...………..
Padang, 15 April 2011
KetuaPelaksana
ADE SAPITRA
No BP 0810851009
Anggota
MARLIZA RAHMA YULI
No. BP 0810731007
PROFIL BISNIS
Nama toko : ALAHAN SEGAR
Bidang Usaha : Supplier sayur-sayuran murah dan berkualitas
Identitas Pemilik : Milik kelompok
Alamat Toko : Pasar Tarandam, Kelurahan Ranting Parak Gadang
Kecamatan Padang Timur, Padang
IDENTITAS PEMILIK:
Nama
No BP
Fakultas
Alamat
No Hp
E-mail
: Ade Sapitra
: 0810851009
:Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
: Kelurahan Ranting Parak Gadang No. 11,
Kecamatan Padang Timur, Padang
: 081266028265
: ade_sapitra@ymail.com
Anggota
No. BP
Fakultas
Alamat
No. Hp
E-mail
: 1. Marliza Rahma Yuli (0810731007)
: 0810731007
: Sastra
: Jalan Tunggang No 2a, Kecamatan Kuranji
Padang
: 085274528260
:swe3ty_02@yahoo.co.id
EXECUTIVE SUMMARY
Alahan Segar merupakan sebuah nama toko yang kami rancang sendiri, “alahan” yang berarti tempat atau lokasi sumber sayur-sayuran segar yang akan kami jual, sedangkan “segar” berari kualitas sayur-sayuran yang masih segar kerena kami langsung memberli dan menyangkut sayur-sayuran langsung dari kebun petani di Alahan Panjang, Kecamatan Danau Kembar, Solok, Sumatera Barat.
Penyediaan sayur-sayuran segar akan diimpor dari produsennya langsung, dari desa alahan panjang, kab.Danau Kembar, Solok. Supplyer sayur-sayuran menawarkan sayur yang masih segar dengan harga yang kompetitif dan dijamin lebih murah karena “tanpa perantara” kepada masyarakat kota padang.
Supplier menawarkan sayur-sayuran. Seperti : tomat, wortel, bawang merah, bawang putih, bawang prei, terong, kacang buncis, terong pirus. Tidak hanya segar, tapi sayur-sayuran tersebut juga memiliki kualitas yang tinggi. Ditambah lagi karena berdasarkan dari Solok, maka kami juga menyediakan beras Solok asli.
Supplyer sayur-sayuran pertamanya akan dibuka dipasar tradisional (pasar tarandam) kota padang. Tempatnya berada dipusat kota padang. Peluang supplier sayur-sayuran masih terbuka lebar, karena permintaan yang sangat banyak dari para konsumen, target konsumen kami adalah ibuk-ibuk RT karena merupakan peluang terbesar. Hal ini disebabkan karena ibuk-ibuk tersebut selalu memasak setiap harinya dan pastinya sangat membutuhkan barang-barang yang kami jual.Para pesaing juga tidak terlalu banyak, bahkan belum ada pesaing dari pastai besar (distributor tunggal). Selain itu kami juga menawarkan harga yang lebih murah dari pada supplier yang lain. Hal ini mampu kami lakukan karena distribusi yang kami lakukan tanpa perantara (distribusi langsung dari petani menuju pasar). Sayur-sayuran itu sendiri merupakan kebutuhan pokok masyarakat, karena sayur-sayuran yang berkualitas sudah menjadi kebutuhan dalam rangka memenuhi gizi dan vitamin bagi tubuh manusia.
Elemen elemen yang ditawarkan yang membedakan antara Supplier sayur-sayuran kami dengan para supplyer lainnya adalah :
1. Harga lebih murah
2. Kualitas yang bagus (masih segar)
3. Metode pemasaran yang unik
4. Lokasi yang strategis
5. Pelayanan yang bersahabat
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sayur mayur merupakan jenis makanan penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan. Sayuran hijau seperti tomat, daun selada, bayam, buncis, kangkung, daun dan yang lainnya ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan.
Kandungan zat gizi alami dalam sayuran hijau sangat banyak. Selain kaya dengan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor. Sayuran yang berwarna hijau tua merupakan sumber karotenoid (pigmen dalam tanaman yang terdapat pada tumbuhan) terbaik dan tergolong penting untuk memerangi radikal bebas.
Alahan Panjang merupakan salah satu daerah penghasil sayur mayur terbaik di sumatera barat dengan hasil pertanian seperti petani kentang, sayur, cabe, ubi, jagung, dan tomat, sehingga menjadi potensi besar bagi pihak yang memberdayakan potensi daerah ini.
Bisnis ini berawal dari kesempatan yang dilihat di lapangan yaitu:
1. Permintaan akan sayur-sayuran segar yang terus meningkat
2. Para supplier lain tidak mampu memenuhi permintaan konsumen yang terus bertingkat
3. Sedikitnya para supplier yang tidak terlalu paham akan kualitas sayur-sayuran yang berkualitas
B. Tujuan
Tujuan dari bisnis ini adalah untuk mengambil kesempatan yang ada dari penyediaan sayur-sayuran segar dan berkualitas bagi masyarakat kota padang . manfaat jika bisnis ini didirikan adalah:
1. Masyarakat bisa menghemat pengeluaran, karna harga sayur-sayuran yang relatif lebih murah.
2. Membantu penyediaan sayur-sayuran segar dan berkualitas bagi masyarakat kota padang
3. Membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar atau kepada mahasiswa yang masih kuliah di tahun akhir dengan menjadikan mereka sebagai rekan kerja.
PEMBAHASAN
A. PRODUK
a. Jenis produk yang dihasilkan
Jenis produk yang dihasilkan adalah sayur-sayuran segar, seperti : tomat, kentang, terong, cabe, wortel, buncis, bawang merah, bawang prei, terong pirus, alvokad, sawi, kol, dan beras solok.
b. Keunggulan produk
Sayur-sayuran ini masih segar, karna kami langsung memasok dari produsennya. Cabenya memiliki rasa yang lebih pedas, bawang merahnya lebih besar, berasnya memiliki rasa yang manis, harum, dan warnanya lebih putih, wortelnya besar dan tidak bercabang, tomatnya lebih besar dan tidak cepat busuk.
B. ASPEK PRODUKSI
a. Sarana produksi dan sarana pendukung yang dimiliki
1. Sarana produksi
No
Sarana produksi Harga (Rp/tahun)
1 Gedung/toko Rp. 8.000.000
2 Meja Rp. 750.000
3 Karung Rp. 250.000
4 Timbangan Rp. 500.000
5 Wadah dari rotan Rp. 250.000
6 Lain-lain (kondisional) Rp. 500.000
Jumlah Rp.10.250.000
2. Sarana pendukung
No Sarana pendukung
Harga (Rp/hari)
1 Mobil L-300 (pick-up) Rp. 300.000
b. Sumber bahan baku
Sayur-sayuran ini kami pasok dari desa Wisata, Simp. 4 Alahan Panjang, Kab. Solok, Sumatra Barat.
c. Cara memperoleh
Sayur-sayuran ini dibeli langsung dari petani Alahan Panjang, kemudian diangkut menggunakan mobil L.300 dengan harga sewa mobil sebesar Rp. 300.000/ 1 kali angkutan.
d. Jumlah tenaga kerja dan keahlian yang dimiliki
No
Jenis pekerjaan Jumlah TK
(OH/bln ) Jumlah upah
(Rp/bln)
1 Manajer produksi 1 ----------------
2 Manajer keuangan 1 ----------------
3 Manejer pemasaran 1 Rp 800.000
4 Manajer distribusi 1 Rp 600.000
5 Kuli angkut 1 Rp 500.000
Jumlah Rp. 1.900.000
e. Jumlah kapasitas produk
No Nama produk perminggu Perbulan
1 Wortel 200 kg 800 kg
2 Bawang merah 50 kg 200 kg
3 Bawang prei 100 kg 400 kg
4 Kol 350 kg 1.400 kg
5 Sawi 200 kg 800 kg
6 Buncis 200 kg 800 kg
7 Terong pirus 50 kg 200 kg
8 Alvokad 300 kg 1.200kg
9 Terong 150 kg 600 kg
10 Kentang 350 kg 1.400 kg
11 Tomat 150 kg 600 kg
12 Beras 125 kg 500 kg
C. ASPEK PEMASARAN
1. Gambaran Pasar
a. Jenis produk yang ditawarkan sayur-sayuran segar berkualitas.
b. Kharesteristik produk : bawang merah, wortel, buncis, bawang prei, terong, terong pirus, sawi, kol.
c. Segmen khusus kita adalah masyarakat kota padang.
d. Sarana yang dipergunakan untuk pemasaran ini adalah dengan agen. Sedangkan tranportasi untuk jemput-sayur-sayuran dari desa produsen dengan menggunakan tru
2. Lokasi dan area pemasaran
Kami memilih lokasi pasar tarandam, padang, alasan kami memilih tempat tersbut adalah :
a. Lokasi strategis
b. Pasarnya setiap hari
c. Kosumen ibuk-ibuk TR, pedagang kaki lima
d. Sewa toko murah
e. Di pasar tarandam belum ada distributot tunggal
f. Tingkat persaingan kecil
3. Target pasar yang menjadi prioritas
a. Ibu-ibu rumah tangga
b. Pedagang kaki lima
c. Restoran
4. Strategi pemasaran
a. Kegiatan promosi
• Produksi sample
• Jaminan kualitas sayuran
• Harga lebih murah
b. Iklan
• Agen (disampaikan dari mulut kemulut)
• Media massa (facebook dan blog )
c. Personal selling
• Lobbying
• Presentasi penjualan
d. Strategi penetapan harga
Harga disesuikan dengan masyarakat menengah kebawah, dan memakai sistem ekonomi islam atau syria’ah.
e. Harga jual per unit produk
No PENJUALAN
(UNIT ) HARGA
(RP/UNIT) JUMLAH BARANG/ bln PENJUALAN BERSIH (RP)
1 Wortel Rp. 1.500 800 kg 1.200.000
2 B. merah Rp. 8.500 200 kg 1.700.00
3 Tomat Rp. 1500 600 kg 900.000
4 Kentang Rp. 3.500 800 kg 2.800.000
5 Kol Rp. 400 1.400 kg 560.000
6 Sawi Rp. 500 800 kg 400.000
7 Alvokad Rp. 1.500 1.200 kg 800.000
8 Terong pirus Rp. 5.000 200 kg 1.000.000
9 Terong Rp. 3.500 500 kg 1.750.000
10 Beras solok Rp. 12.000 500/gantang 6.000.000
Total Rp. 17.110.000
D. ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
Struktur Organisasi Perusahaan
1. Kualifikasi Tim Manajemen
No Jabatan Kualifikasi
(Pendidikan/pengalaman)
1 Ade sapitra MHS UNAND
2 Marliza Rahma Yuli MHS UNAND
3 Yulianto SMA/Petani sayur
4 Syafriadi SMA/Pedagang
5 Roni SD/Kuli angkut
2. Anggaran Balas jasa Tim Manajeme
No
Jenis pekerjaan Jumlah TK
(OH/bln ) Jumlah upah
(Rp/bln)
1 Manajer produksi 1 ----------------
2 Manajer keuangan 1 ----------------
3 Manejer pemasaran 1 Rp 800.000
4 Manajer distribusi 1 Rp 600.000
5 Kuli angkut 1 Rp 500.000
Jumlah Rp. 1.900.000
E. ASPEK KEUANGAN
1. Kebutuhan Modal Investasi
• Investasi yang telah dimiliki Rp 2.000.000
Berasal dari tabungan sendiri
• Rencana penambahan modal Rp 15.110.000
*Dimohonkan bantuan kepada PMW Unand
2. Total Kebutuhan Modal dan sumber Permodalan
Kebutuhan Modal
NO JENIS MODAL KEBUTUHAN (RP)
1 Modal Investasi 15.110.000
2 Modal Kerja -------------
Jumlah 15.110.000
Sumber Permodalan
NO SUMBER JUMLAH (RP)
1 Modal sendiri 2.000.000
2 Modal pinjaman ------------
Jumlah 2.000.000
KESIMPULAN
Jenis usaha ini sangat potensial untuk maju dan berkembang, dengan memperhatikan :
a. Pasarnya setiap hari
b. Konsumen kita adalah Ibuk-ibuk RT
c. Kita menjadi pemasok bagi pedagang kaki lima
d. Harga yang kita berikan relatif murah dari pedagang lain,karena tanpa perantara.
e. Kualitas barang kita lebih segar dan tahan lama.
Demikianlah potensi yang mungkin terjadidalam perjalan bisnis ini, besar harapan kami Bapak Pimpinan PMW dapat menerima proposal “Business Plan” ini, demi kelanjutan dan berkembangnya usaha kami ini.
LAMPIRAN
(Foto produk sayur mayur ALAHAN SEGAR)
supplier sayur mayur
BalasHapusKISAH NYATA……Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Fatimah Reski dari Padang,saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman saya yg Nyata kepada teman2 semua sumpah demi Allah tdk ada karangan apapun ,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no.Ustazd Hakim,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya,tapi saya coba beranikan diri mengikuti apapun saran beliau,syukur alhamdulillah Cuma 3 hari uang 5m yg saya minta itu terlihat jelas di depan mata saya. sekarang saya bisa sukses seperti ini bisa beli rumah mewah,mobil dan bangun tokoh.usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada Ustazd Hakim,berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub,Ustazd Hakim di no.082399626296 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,Wassalam.(TAMPAH TUMBAL DAN AMAN).
BalasHapus